Makalah Barang Elektronik
Handphone Lipat Samsung Galaxy Fold
I. Latar Belakang
Perkembangan
teknologi komunikasi telah melalui perubahan yang cukup signifikan dari tiap
generasi. Terbukti dengan munculnya berbagai macam perangkat telekomunikasi
dengan teknologi tingkat tinggi. Kemunculan teknologi telekomunikasi tingkat
ini juga di dorong oleh kebutuhan manusia untuk menghadapi berbagai masalah
yang dihadapi dan diselesaikan dalam waktu cepat dan singkat. Teknologi
komunikasi yang saat ini menjadi trend di masyarakat adalah smartphone. Sesuai
arti kata smartphone yaitu telepon pintar, ia mempunyai kemampuan layaknya
komputer yang didukung oleh sebuah sistem operasi yang canggih. Keberadaan
smartphone sebagai perangkat gerak (mobile) memungkinkan penggunanya untuk
tetap terhubung melalui fasilitas telepon maupun data internet secara bersamaan,
inilah yang membedakan smartphone dengan telepon biasa.
Pada saat ini, ponsel
tidak hanya sebagai teknologi komunikasi namun juga sebagai hal yang
mencerminkan ikatan emosional dan budaya yang melambangkan status sosial
manusia sehingga manusia selalu melihat ponsel sebagai ukuran status manusia
dan berlomba untuk selalu mengganti ponsel dengan tipe yang terbaru. Smartphone
sebagai sebuah produk teknologi komunikasi baru hadir diberbagai kalangan
masyarakat dan telah menjadi icon sosial. 2 Fenomena tersebut merupakan buah
dari perkembangan teknologi dan informatika yang semakin pesat. Smartphone
disebut cerdas karena ponsel ini memiliki kemampuan tinggi dalam
pengoperasinnya. Dibekali berbagai macam fitur yang canggih, smartphone
memungkinkan para penggunanya bisa melakukan hal yang biasanya hanya bisa
dilakukan pada komputer atau laptop. Dengan kemampuannya tersebut seseorang
tidak harus menghabiskan banyak waktu berdiam diri di depan sebuah laptop atau
personal computer demi mencari ataupun mengirim data.
Era teknologi
smartphone semakin berkembang seiring dengan perkembangan situs jejaring
sosial. Smartphone yang diciptakan demi memudahkan komunikasi dan segala hal
yang berhubungan dengan teknologi ini sudah menjadi sesuatu barang yang cukup
populer di masyarakat. Sebagian masyarakat banyak yang menjadikan smartphone
dan segala macam gadget canggih di zaman sekarang sebagai bagian dari gaya
hidup mereka. Masyarakat banyak yang beralih menggunakan smartphone, terutama
masyarakat yang tinggal di perkotaan.
II. Latar Belakang Perusahaan
Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar
di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada
tanggal 1 Maret1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan
memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi
salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai. Samsung adalah
salah satu konglomerat (chaebol)
Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938
dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.
Sekarang ini, Samsung beroperasi
dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan),
peralatan rumah tangga digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro,
kulkas, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor dan
kendaraan bermotor (termasuk alat berat). Samsung memiliki pengaruh yang besar
terhadap perkembangan ekonomi, politik, media dan budaya Korea Selatan dan
telah menjadi kekuatan pendorong utama di balik fenomena "Keajaiban di Sungai Han".
Perusahaan yang berafiliasi dengan Samsung memproduksi sekitar seperlima dari
total ekspor Korea Selatan. Pendapatan Samsung sama dengan 17% dari GDP Korea Selatan,
yakni: $ 1.082 miliar.
III. Produk Yang Sudah Ada
1. Samsung Galaxy A10
2. Samsung
Galaxy A20
3. Samsung
Galaxy A30
4. Samsung
Galaxy A50
5. Samsung
Galaxy S10+
6. Samsung
Galaxy S10
7. Samsung
Galaxy M10
8. Samsung
Galaxy M20
9. Samsung
Galaxy J6+
10.
Samsung Galaxy Note 9
IV. Produk Baru
Smartphone lipat
Samsung Galaxy Fold adalah dimensi baru sebuah smartphone. Pengguna Samsung
Galaxy Fold akan membawa tiga keunggulan sekaligus di dalam sakunya.
Samsung Galaxy Fold
adalah gabungan antara smartphone, tablet, dan kemampuan kamera. Ini adalah
produk paling kuat dan paling bertenaga yang pernah Samsung buat. Dengan paduan
desain yang benar-benar beda tentunya.
Dari segi
spesifikasi, Samsung Galaxy Fold membawa layar utama seluas 7,3 inci
berkeampuan QXGA+ Dynamic AMOLED. Ukuran segitu adalah ukuran saat smartphone
berubah ke dalam mode tablet dengan dua buah layar yang digabungkan. Sementara
cover display-nya alias layar bagian sampulnya memiliki ukruan 4,6 inci HD Plus
Super AMOLED.
Hal menarik lainnya
dari Samsung Galaxy Fold adalah kameranya. Betapa tidak, smartphone ini hadir
dengan enam buah kamera sekaligus. Alokasinya, satu buah kamera 10 MP (f/2.2)
di bagian sampul yang bisa juga dipakai selfie.
Kemudian tiga buah
kamera utama di bagian belakang dengan 16 MP ultra wide camera (f/2.2), 12 MP
wide-angle camera dual pixel AF OIS (f/1.5 dan f/2.4), serta 12 MP telefoto
PDAF OIS (f/2.4) 2X optical zoom. Masih ada lagi, ketika dalam mode tablet di
dalamnya terdapat kamera 10 MP selfie camera (f/2.2) dan 8MP RGB depth camera
(f/1.9).
Dari aspek inti,
Samsung Galaxy Fold dibekali dengan 7nm 64-bit Octa-core processor Qualcomm
Snapdragon 855. Bersanding dengan prosesornya ada penyimpanan 12 GB RAM
(LPDDR4x) dan 512 GB ROM tanpa slot Micro-SD.
Lainnya, perangkat
smartphone lipat Samsung Galaxy Fold dibekali baterai
berukuran 4.380 mAh dan Android 9.0 (Pie).
V. Keunggulan Produk
1. Layarnya
lebih besar dari smartphone biasa
2. Menjadi
smartphone lipat pertama di dunia
3. kamera
belakang smartphone dengan 41 MP + 16 MP
4. Samsung Galaxy Fold 2019 memiliki kamera depan
21MP + 8MP
5. Baterai yang sangat tahan lama
VI. Rencana Pemasaran
Samsung Galaxy Fold baru akan dijual pada 26 April 2019 dengan harga USD 1.980
atau setara dengan Rp 27,9 jutaan.
VII. Strategi Pemasaran Samsung
Samsung memiliki
kemampuan untuk meproduksi banyak jenis produk dalam waktu yang hampir
bersamaan. Karena kemampuannya ini, Para analis melihat strategi pemasaran
smartphone yang dilakukan Samsung adalah market-flooding strategy.
Samsung membanjiri
pasar smartphone dengan berbagai varian produk di semua segment. Para analis
mencoba membandingkan jenis produk smartphone yang dikeluarkan Samsung dalam
satu tahun dengan jenis smartphone yang dikeluarkan oleh pesaingnya Apple.
Jenis produk yang dikeluarkan Samsung memang jauh lebih bervariasi dibandingkan
pesaingnya Apple.
Saat ini, dpat
dikatakan bahwa strategi bisni Apple yang menggantungkan diri pada hig-end
market saja tidak lagi tepat. Para analis melihat bahwa segment pasar hig-end
sudah mulai jenuh. Hal ini dikarenakan pada high-end market jenis barang yang
bisa ditawarkan lebih terbatas dibandingkan low-end market. Kejenuhan pada
high-end markat terlihat pada tingkat kepemilikan high-end smartphone di
Amerika serikat dan Eropa hampir mencapai 60% yang berarti kesempatan untuk
mendapatkan konsumen baru untuk high-end smartphone semakin menurun. Melihat
hal ini, para analis memperkirakan Samsung akan mulai banyak bergerak di middle
dan low-end market.
Keberhasilan Samsung
dalam strategi pemasarannya juga karena Samsung adalaha pengikut yang cepat. Yang
dimaksud disini adalah Samsung mampu membaca selera dan permintaan pasar dengan
cepat. Samsung menyesuaikan diri dengan apa yang dilakukan kompetitornya,
melihat apa yang dibawa masuk ke pasar, menelitinya dan mengembangkannya dengan
inovasinya sendiri. Samsung memproduksi produk dengan cepat, menawarkan
berbagai jenis produk, dan mengurangi kemungkinan adanya kesalahan melihat
permintaan pasar.
Dalam hal pemasaran
melalui iklan, Samsung termasuk perusahaan yang menghabiskan banyak dana untuk
periklanan. Berdasarkan data tahun 2012, Samsung menghabiskan 881 juta dolar AS
hanya untuk iklan produk di Amerika saja. Samsung juga memanfaatkan
pemberitaan-pemberitaan mengenai produk maupun kasus yang dihadapinya sebagai
salah satu cara memperkenalkan produknya ke konsumen.
Sekian makalah yang saya buat mengenai smartphone lipat canggih ini, semoga dapat bermanfaat. Cheerio!

Komentar
Posting Komentar