Sistem Informasi Manajemen


Tugas 1



1.      Apa yang dimaksud dengan SIM?
2.      Penerapan SIM pada Enterprise.
3.      Peran Manajer dalam sebuah perusahaan.
4.      Level Manajemen

Top Level
Middle Level
Operational Management



Jawaban
1.      Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem yang direncanakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarluaskan data berupa informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan berbagai fungsi manajemen..
2.      Berikut ini beberapa penerapan SIM pada perusahaan:

   Enterprise Resource Planning (ERP)
Sistem ERP ini banyak digunakan oleh perusahaan besar. Namun, perusahaan dalam skala kecil juga masih dapat menerapkan sistem ERP. ERP biasanya digunakan untuk mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang terintegrasi antar unit di dalam perusahaan.

Supply Chain Management (SCM)

Sistem SCM ini sangat bermanfaat bagi pihak manajemen karena mengintegrasikan data-data seperti manajemen suplai bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer sampai konsumen akhir.

Transaction Processing System (TPS)

TPS berguna untuk memproses data dalam jumlah yang besar atau transaksi yang banyak dan rutin. Program ini  biasa diaplikasikan dalam manajemen gaji dan inventaris.

Office Automation System (OAS)

Aplikasi ini berguna untuk memperlancar komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya seperti email.

Knowledge Work System (KWS)

Sistem informasi KWS mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi/entitas.
3.      Peran figure
     Peran figure artinya bahwa seorang maanjer merupakan symbol. Manajer harus berperan melakukan tugas rutin yang berkaitan dengan tugas-tugas resmi dan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat sosial. Sebagai contoh adalah memberi sambutan pada acara resmi, membuka acara yang diselenggarakan industri, menjadi penanggung jawab setiap kegiatan dan sebagainya.

Peran pemimpin
    Manajer adalah pemimpin sehingga manajer harus mampu memimpin, membimbing, memotivasi, memberikan reward dan pusnishment, mengatur anggotanya melalui pembagian kerja agar tujuan dapat tercapai.

Peran Penghubung
       Peran manajer yamg lain adalah sebagai penghubung antar anggota atau sumber daya manusia, antar anggota dan pihak eksternal. Untuk itu diperlukan kemampuan komunikasi dari manager agar dapat terjadi hubungan yang harmonis antara anggota organisasi maupun dengan pihak eksternal.

Peran informasional Manajer
Manajer mempunyai peran dalam hal pencarian, pengelolahan dan pendistribusian baik dari maupun untuk anggotanya. Peran manajer dalam bidang informasi meliputi tiga peran:

1)      Pemonitor
       Manajer harus menjalankan peran dalam hal mencari, menerima berbagai informasi pengembangan  pemahaman terhadap industry. Seorang manajer harus mampu melakukan monitoring terhadap semua kejadian yang dapat memberikan pegaruh terhadap industry.

2) Deseminasi
Manajer harus menjalankan peran sebagai desiminator yaitu dalam penyebaran informasi baik kepada internal maupun eksternal perusahaan atau industri. Manajer harus dapat membedakan antara informasi yang berasal dari fakta (kebenaran) atau informasi yang bersifat interpretasi.

3) Juru bicara
        Manajer mempunyai peran yang sangat penting sebagai juru bicara yaitu dalam hal menyampaikan dan menyebarkan informasi kepada pihak luar kegitan-kegiatan ataupun produk dan hasil yang dicapai.

4.      1) Top Level

Yang mana biasanya terdiri atas direksi, CEO, GM atau General Manager yang biasa disebut dengan Presiden Direksi. Manajemen puncak ini punya peran utama sebagai:

1.      Menentukan rencana, tujuan, dan juga kebijakan perusahaan
2.      Bertanggungjawab atas semua manajemen yang ada dibawahnya
3.      Memobilitas sumber daya perusahaan tersedia
4.      Bekerja dari pemikiran, perencaan baru memutuskan
5.      Mempersiapkna rencana jangka panjang
6.      Mempunyai wewenang serta tanggungjawab maksimal
7.      Memerlukan ketrampilan serta konseptual yang paling bagus

2)      Middle Level
Yang mana berada dalam tengah-tengah dari hierarki sebuah perusahaan. Manajemen ini bertanggungjawab atas segala pelaksanaan rencana yang mana sudah ditentukan oleh manajemen puncak.
Biasanya terdiri atas Kepala Departemen, Manajer Cabang, Junior Executive. Adapun tugas serta peran manajemen tingkat menengah ini adalah:
1.      Menjalankan semua perintah, kebjakan, serta rencana yang telah disusun oleh manajemen puncak.
2.      Memberikan saran serta rekomendasi kepada manajemen puncak.
3.      Mengkoordinasikan seluruh aktivitas dari semua departemen
4.      Berkomunikasi dengan manajeme puncak serta mnajemen yang ada dibawahnya
5.      Mempersiapkan rencana dalam jangka pendek
6.      Mempunyai wewenang serta tanggungjawab yang terbatas karena perantara manajemen puncak dengan manajemen yang ada dibawahnya
7.      Bertanggungjawab secara langsung dengan CEO serta Dewan Direksi perusahaan

3)      Operational Management
Merupakan tingkatan manajemen terendah dalam sebuah perusahaan, yang mana memimpin serta melakukan pengawasan terhadap tenaga operasional serta tidak membawahi manajer lainnya.
Yang biasanya terdiri atas mandor serta pengawa yang telah dipilih oleh manjer tingkat menengah. Manajemen tingkat ini mempunyai aktivitas berupa:
1.      Mengarahkan setiap karyawan
2.      Mengembangkan moral kepada para karyawan
3.      Menjaga hubungan baik anatara manajemen tingkat menengah serta karyawan
4.      Menginformasikan keputusan yang diambil oelh manajemen diatasnya kepada para karyawan
5.      Lebih banyak menghabiska waktunya untuk mengendalikan serta mengarahkan karyawan
6.      Menysusn rencana harian, mingguan serta bulanan, akan tetapi tidak dalam jangka panjang
7.      Mempunyai wewenang yang sangat terbatas, akan tetapi punya tanggungjawab penting.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM BUKU BESAR DAN PELAPORAN

HAK ASASI MANUSIA