Sistem Informasi Manajemen
Tugas 1
1.
Apa
yang dimaksud dengan SIM?
2.
Penerapan
SIM pada Enterprise.
3.
Peran
Manajer dalam sebuah perusahaan.
4.
Level
Manajemen
Middle Level
Operational Management
Jawaban
1.
Sistem Informasi
Manajemen merupakan sistem yang
direncanakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarluaskan data berupa
informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan berbagai fungsi manajemen..
2.
Berikut
ini beberapa penerapan SIM pada perusahaan:
Enterprise
Resource Planning
(ERP)
Sistem ERP ini banyak digunakan
oleh perusahaan besar. Namun, perusahaan dalam skala kecil juga masih dapat
menerapkan sistem ERP. ERP biasanya digunakan untuk mengelola manajemen dan
melakukan pengawasan yang terintegrasi antar unit di dalam perusahaan.
Supply Chain Management (SCM)
Sistem SCM ini sangat bermanfaat bagi pihak manajemen karena
mengintegrasikan data-data seperti manajemen suplai bahan baku, mulai dari
pemasok, produsen, pengecer sampai konsumen akhir.
Transaction
Processing System
(TPS)
TPS berguna untuk memproses data dalam jumlah yang besar atau
transaksi yang banyak dan rutin. Program ini biasa diaplikasikan dalam
manajemen gaji dan inventaris.
Office
Automation System
(OAS)
Aplikasi ini berguna untuk memperlancar komunikasi antar
departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server
komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya seperti email.
Knowledge
Work System (KWS)
Sistem informasi KWS mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke
dalam organisasi/entitas.
3. Peran figure
Peran figure artinya bahwa seorang maanjer merupakan symbol. Manajer harus
berperan melakukan tugas rutin yang berkaitan dengan tugas-tugas resmi dan
pekerjaan-pekerjaan yang bersifat sosial. Sebagai contoh adalah memberi
sambutan pada acara resmi, membuka acara yang diselenggarakan industri, menjadi
penanggung jawab setiap kegiatan dan sebagainya.
Peran pemimpin
Manajer
adalah pemimpin sehingga manajer harus mampu memimpin, membimbing, memotivasi,
memberikan reward dan pusnishment,
mengatur anggotanya melalui pembagian kerja agar tujuan dapat tercapai.
Peran Penghubung
Peran manajer yamg lain adalah sebagai penghubung antar anggota atau
sumber daya manusia, antar anggota dan pihak eksternal. Untuk itu diperlukan
kemampuan komunikasi dari manager agar dapat terjadi hubungan yang harmonis
antara anggota organisasi maupun dengan pihak eksternal.
Peran informasional Manajer
Manajer mempunyai
peran dalam hal pencarian, pengelolahan dan pendistribusian baik dari maupun
untuk anggotanya. Peran manajer dalam bidang informasi meliputi tiga peran:
1)
Pemonitor
Manajer harus menjalankan peran dalam hal mencari, menerima berbagai
informasi pengembangan pemahaman terhadap industry. Seorang manajer harus
mampu melakukan monitoring terhadap semua kejadian yang dapat memberikan
pegaruh terhadap industry.
2) Deseminasi
Manajer harus
menjalankan peran sebagai desiminator yaitu dalam penyebaran informasi baik kepada
internal maupun eksternal perusahaan atau industri. Manajer harus dapat
membedakan antara informasi yang berasal dari fakta (kebenaran) atau informasi
yang bersifat interpretasi.
3) Juru bicara
Manajer mempunyai
peran yang sangat penting sebagai juru bicara yaitu dalam hal menyampaikan dan
menyebarkan informasi kepada pihak luar kegitan-kegiatan ataupun produk dan
hasil yang dicapai.
4. 1) Top Level
Yang mana biasanya terdiri atas direksi,
CEO, GM atau General Manager yang biasa disebut
dengan Presiden Direksi. Manajemen puncak ini punya peran utama sebagai:
1.
Menentukan
rencana, tujuan, dan juga kebijakan perusahaan
2.
Bertanggungjawab
atas semua manajemen yang ada dibawahnya
3.
Memobilitas
sumber daya perusahaan tersedia
4.
Bekerja
dari pemikiran, perencaan baru memutuskan
5.
Mempersiapkna
rencana jangka panjang
6.
Mempunyai
wewenang serta tanggungjawab maksimal
7.
Memerlukan
ketrampilan serta konseptual yang paling bagus
2)
Middle
Level
Yang mana berada dalam tengah-tengah
dari hierarki sebuah perusahaan. Manajemen ini bertanggungjawab atas segala
pelaksanaan rencana yang mana sudah ditentukan oleh manajemen puncak.
Biasanya terdiri atas Kepala Departemen,
Manajer Cabang, Junior Executive. Adapun tugas serta peran manajemen tingkat
menengah ini adalah:
1.
Menjalankan
semua perintah, kebjakan, serta rencana yang telah disusun oleh manajemen
puncak.
2.
Memberikan
saran serta rekomendasi kepada manajemen puncak.
3.
Mengkoordinasikan
seluruh aktivitas dari semua departemen
4.
Berkomunikasi
dengan manajeme puncak serta mnajemen yang ada dibawahnya
5.
Mempersiapkan
rencana dalam jangka pendek
6.
Mempunyai
wewenang serta tanggungjawab yang terbatas karena perantara manajemen puncak
dengan manajemen yang ada dibawahnya
7.
Bertanggungjawab
secara langsung dengan CEO serta Dewan Direksi perusahaan
3)
Operational
Management
Merupakan tingkatan manajemen terendah
dalam sebuah perusahaan, yang mana memimpin serta melakukan pengawasan terhadap
tenaga operasional serta tidak membawahi manajer lainnya.
Yang biasanya terdiri atas mandor serta
pengawa yang telah dipilih oleh manjer tingkat menengah. Manajemen tingkat ini
mempunyai aktivitas berupa:
1.
Mengarahkan
setiap karyawan
2.
Mengembangkan
moral kepada para karyawan
3.
Menjaga
hubungan baik anatara manajemen tingkat menengah serta karyawan
4.
Menginformasikan
keputusan yang diambil oelh manajemen diatasnya kepada para karyawan
5.
Lebih
banyak menghabiska waktunya untuk mengendalikan serta mengarahkan karyawan
6.
Menysusn
rencana harian, mingguan serta bulanan, akan tetapi tidak dalam jangka panjang
7.
Mempunyai
wewenang yang sangat terbatas, akan tetapi punya tanggungjawab penting.
Komentar
Posting Komentar